Kajian Dampak Kelebihan Kompensasi pada Sistim Perbaikan Faktor Daya Beban Tiga Phasa Tak Seimbang Dengan Menggunakan Kapasitor Bank

Main Article Content

Hari Sucipto

Abstract




Faktor daya pada sistem beban tiga fasa seperti yang terdapat pada beban campuran yaitu pemakaian motor tiga fasa, motor-motor satu fasa, beban penerangan dan beban-beban lainnya selalu menunjukkan nilai yang rendah kurang dari satu, ini berarti pemakaian daya listrik menjadi tidak efektif, karena daya listrik yang diambil dari sumber jauh lebih besar dari daya berguna untuk menghasilkan tenaga mekanik maupun cahaya, semuanya ini disebabkan adanya beban reaktif sebagai dampak dari adanya komponen induktif yang terdapat pada suatu kumparan. Penggunaan kapasitor bank biasa digunakan untuk meningkatkan faktor daya tersebut dan banyak sekali manfaatnya, namun penggunaan pada sistem beban tiga phasa yang tidak seimbang akan menimbulkan masalah baru yaitu ketika terjadi kelebihan kompensasi dalam penggunaan kapasitor artinya rating daya kapasitor terlalu besar daripada yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja kapasitor bank pada beban tidak seimbang ketika terjadi kelebihan kompensasi, arus dan tegangan mengalami kenaikan setelah pemasangan kapasitor bank , hal tersebut disebabkan adanya resonansi yang dapat meningkatkan distorsi harmonisa, pada saat itu impedansi beban menjadi paling kecil sehingga arus beban akan meningkat pula,seperti yang telah disebutkan didepan kondisi tersebut dapat mempengaruhi keamanan dari kapasitor tersebut, sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan dapat digunakan atau tidak pemakaian kapasitor bank tersebut dengan aman . Setelah dilakukan simulasi dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kinerja kapasitor bank pada beban tidak seimbang dapat menyebabkan kenaikan nilai arus netral, hal ini terjadi disebabkan kelebihan kompensasi sehingga salah satu arus fasanya naik, sehingga berdampak pada kenaikan arus netralnya, kenaikan arus dapat menyebabkan kenaikan tegangan pada terminal beban yang bersangkutan, semuanya ini terkait dengan faktor keseimbangan beban yang dapat mempengaruhi keamanan kinerja kapasitor. Salah satu faktor keselamatan kinerja kapasitor bank yang harus diperhatikan ialah nilai tegangan puncak pada kapasitor. Apabila pemakaian kapasitor bank tidak sesuai dengan nilai tegangannya maka dapat menimbulkan kerusakan pada kapasitor itu sendiri. Selain itu nilai arus dan tegangan yang diperbolehkan dari IEEE std 18 – 2002 terkait dengan faktor keselamatan kapasitor adalah 120 % dari nilai tegangan puncak nominal dan 135 % dari arus nominal berdasarkan nilai kVAR dan nilai tegangan.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUCIPTO, Hari. Kajian Dampak Kelebihan Kompensasi pada Sistim Perbaikan Faktor Daya Beban Tiga Phasa Tak Seimbang Dengan Menggunakan Kapasitor Bank. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 71-89, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://distilat.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/66>. Date accessed: 04 aug. 2021.
Section
Articles