Penerapan Gelombang Ultrasonik Untuk Pengeras Suara Terarah

Main Article Content

Aad Hariyadi Amira Tyar Anodya Rizki Wijayanti Mochammad Taufik

Abstract




Suara yang tidak ingin didengar merupakan gangguan bagi orang lain. Penggunaan suatu speaker yang bisa diarahkan ke suatu daerah secara tepat tanpa mengganggu daerah lain disekitarnya merupakan cara yang tepat untuk memfokuskan suara yang akan dikirimkan. Sistem pengeras suara terarah dapat memfokuskan suara pada lokasi yang diinginkan tanpa mengganggu daerah lain. Suara yang digunakan menggunakan frekuensi tinggi ultrasonik yang diaplikasikan untuk tata suara terarah. Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan gelombang ultrasonik dalam penerapannya untuk menyearahkan gelombang suara pada satu daerah tertentu.
Tweeter ultasonik Tweeter OKAY II dapat beroprasi pada frekuensi 10 kHz sampai 35 kHz dipasang secara array dengan menggunakan 30 buah tweeter dengan tata letak tertentu sesuai analisa gelombang yang dilakukan. Osilator ultrasonik menghasilkan frekuensi 28 kHz dan sumber informasi dengan frekuensi 1kHz sampai 3kHz. Gelombang dimodulasi amplitudo yang dipancarkan oleh tweeter memiliki indeks modulasi 82% yang akan berinteraksi secara nonlinier di udara. Pancaran frekuensi ultrasonik dari pemancar memiliki beam 30o, dan pancaran audio dari pemancar memiliki beam 20o.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HARIYADI, Aad et al. Penerapan Gelombang Ultrasonik Untuk Pengeras Suara Terarah. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 71-81, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://distilat.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/59>. Date accessed: 04 aug. 2021.
Section
Articles