Sistem Informasi Pengaduan Dengan Web Responsive di PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak

Main Article Content

Bonafasius Ade Mas Boylle Wibowo Arninputranto

Abstract




PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak (Persero), disebut juga PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak (Persero) bergerak dalam sektor perhubungan. Berdasarkan data Perusahaan, PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak memiliki 33 Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) dan dari fakta di lapangan, ditemukan beberapa kotak yang kosong dan kelengkapan yang kurang. Sedangkan untuk APAR, PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak memiliki 631 buah APAR. Seperti kotak P3K, banyak ditemukan APAR yang kadaluarsa dan kosong, tidak hanya APAR dan Kotak P3K, untuk pengaduan Umum (non APAR dan kotak P3K) juga tidak dikontrol dengan baik. Kurangnya pengawasan dikarenakan sistem pengaduan manual dengan surat yang ada di PT Pelindo III,wilayah kerja yang luas, dan hand over job yang tidak optimal, karena itu diperlukan media pengaduan yang mudah diakses dan dapat mengelola data pengaduan. Dibuatnya sebuah sistem informasi berbasis web responsive sangat diperlukan, dengan sistem penyimpanan database berbasis MySQL dan pemrograman PHP yang akan dapat menyediakan pengaduan APAR, Kotak P3K, dan pengaduan umum lainnya. Hasil dari pengujian web yang telah dilakukan, didapatkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola pengaduan dan data untuk APAR, Kotak P3K dan pengaduan umum lainnya.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
BOYLLE, Bonafasius Ade Mas; ARNINPUTRANTO, Wibowo. Sistem Informasi Pengaduan Dengan Web Responsive di PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 53-64, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://distilat.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/44>. Date accessed: 04 aug. 2021.
Section
Articles