Sistem Informasi Pengukuran Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Politeknik Negeri Malang)

Main Article Content

Budi Harijanto Yuri Ariyanto

Abstract




Politeknik Negeri Malang merupakan institusi pendidikan yang memiliki komitmen untuk menghasilkan pendidikan yang bermutu, dan terus memperbaiki dan memenuhi harapan pelanggannya. Untuk itulah penelitian ini diperlukan, guna mengukur berapa tingkat kepuasan pelanggan mahasiswa. Point-point pertanyaan kebutuhan apa saja yang diharapkan dari penyediaan sarana dan prasarana di institusi Politeknik Negeri Malang. Dengan menggunakan metode quality grade descriptor setiap pertanyaan pada kuesioner nilai skor-nya diberikan rubrik yang menjabarkan standar dan elemen yang diukur. Hasil yang diharapkan mahasiswa sebelum mahasiswa menjawab setiap pertanyaan pada kuesioner, mahasiswa melihat rubrik yang menjabarkan standar dan elemen yang diukur, dengan demikian di harapkan dicapai penilaian yang sama pada setiap mahasiswa. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah diketahuinya perbedaan harapan dan fakta tingkat kepuasan pelanggan (mahasiswa) meng- gunakan metoda Gap Analysis terhadap keberadaan/ketersediaan dan jumlah sarana dan prasarana penunjang pendidikan di institusi Politeknik Negeri Malang. Selanjutnya, dari perbedaan yang sangat besar menjadi prioritas perbaikan atau pemenuhan sarana dan prasarana.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HARIJANTO, Budi; ARIYANTO, Yuri. Sistem Informasi Pengukuran Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Politeknik Negeri Malang). JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 42-52, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://distilat.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/43>. Date accessed: 04 aug. 2021.
Section
Articles