Peningkatan Layanan Kesehatan Sekolah Taman Kanak-Kanak ‘X’ Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Main Article Content

Andre Andre Susana Limanto

Abstract




Siswa Taman Kanak-kanak (TK) merupakan kelompok siswa yang paling rawan dalam masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan, siswa pada kelompok usia ini belum mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, kesadaran untuk perilaku sehat, apalagi menciptakan lingkungan hidup sehat. Kenyataan ini, seringkali membuat para orang tua siswa merasa kuatir dengan kesehatan anak mereka saat berada di sekolah. Untuk mengatasi kekuatiran para orang tua sekaligus untuk mendukung program pemerintah dalam melaksanakan program pendidikan kesehatan sekolah, pihak sekolah ‘X’ menyediakan layanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Adanya UKS diharapkan dapat memelihara kesehatan para siswa selama di sekolah dan memupuk kebiasaan hidup sehat para siswa sekolah tersebut sehingga siswa dapat berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran. Namun dalam melaksanakan tugasnya, pihak UKS mengalami beberapa kendala, yaitu komunikasi dengan orang tua, pencarian data, dan penyusunan laporan rutin. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, dikembangkan sebuah program Sistem Informasi UKS berbasis internet dan mobile. Program yang telah selesai dibuat diujicobakan kepada dua orang tua siswa, guru UKS, dua guru kelas, kepala sekolah, dan ketua perguruan. Setelah itu, dilakukan wawancara secara semi terstruktur. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa program yang ada dirasa sangat membantu mengatasi permasalahan yang ada. Namun, pihak orang tua masih kuatir mengenai kesiapan SDM sekolah dalam penerapannya nanti.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ANDRE, Andre; LIMANTO, Susana. Peningkatan Layanan Kesehatan Sekolah Taman Kanak-Kanak ‘X’ Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 1-15, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://distilat.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/40>. Date accessed: 04 aug. 2021.
Section
Articles