Penentuan Nilai Parameter Kontroler PID Pada Sistem Pembangkit Tenaga Listrik Dengan Menggunakan Simulasi Matlab – Simulink

Main Article Content

Hendro Buwono James Edward Arby Popong Effendrik

Abstract




Dalam pemanfaatan PID, penentuan parameter-parameter yang dibutuhkan merupakan kunci keberhasilan dari sistem tersebut. Namun, biasanya cara penentuan nilai parameter ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam penelitian ini akan digunakan perangkat lunak MATLAB- SIMULINK untuk menentukan nilai parameter PID (Proportional Integrator Diferensiator). Dalam penelitian ini telah diperoleh nilai parameter PID, dan diperoleh nilai sebagai berikut: rising time sebesar 0.25 detik, settling time sebesar 3 detik dan persentase OS sebesar 18%, serta error sebesar 0.5 %. Berdasarkan penelitian ini, sebuah job sheet praktikum untuk mahasiswa telah dibuat. Sehingga mahasiswa dapat belajar dan mengerti hal ini dengan lebih mudah.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
BUWONO, Hendro; ARBY, James Edward; EFFENDRIK, Popong. Penentuan Nilai Parameter Kontroler PID Pada Sistem Pembangkit Tenaga Listrik Dengan Menggunakan Simulasi Matlab – Simulink. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 119-132, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://distilat.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/37>. Date accessed: 05 aug. 2021.
Section
Articles