Implementasi Direct Torque Control Dalam Pengaturan Kecepatan Motor Induksi

Main Article Content

Harrij Mukti K

Abstract




Penelitian ini membahas mengenai implementasi Direct Torque Control (DTC) yang diterapkan dalam pengaturan kecepatan motor induksi yang ditinjau terhadap pengaruh perubahan parameter tahanan stator dan pembebanan pada motor. Skema Model Reference Adaptive System (MRAS) dengan pendekatan back-EMF ditambahkan untuk mengestimasi kecepatan motor. Hasil simulasi menunjukkan bahwa skema DTC ini tidak sensitif terhadap perubahan parameter motor. Perubahan parameter tahanan stator ini relatif tidak berpengaruh terhadap kecepatan motor induksi, sedangkan perubahan beban akan mempengaruhi kecepatan motor. Dengan adanya penambahan beban, maka penurunan kecepatan dapat mencapai 7,5%. Pada keadaan tanpa beban diperoleh settling time = 0,03 detik dan error = 0,2%. Dengan bertambahnya beban menyebabkan bertambahnya ripple dan error yang terjadi dapat mencapai 3%.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
K, Harrij Mukti. Implementasi Direct Torque Control Dalam Pengaturan Kecepatan Motor Induksi. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 64-73, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://distilat.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/33>. Date accessed: 05 aug. 2021.
Section
Articles