Aplikasi Pengenalan Huruf Alfabet Bagi Anak Usia Dini Menggunakan Metode Pengolahan Citra Berbasis Data Suara

Main Article Content

Betty Dewi Puspasari

Abstract




Pengenalan suara merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar mengajar, terutama proses pengenalan huruf alfabet bagi anak usia dini.
Pada penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah berupa mendapatkan data suara dari ahli pembelajaran dan suara anak yang diubah dalam bentuk grafik. Dari data grafik yang berbentuk citra gambar tersebut dilakukan normalisasi intensitas. Dari nilai normalisasi intensitas dilakukan pencocokan pola dengan metode pixel matching. Aplikasi pengenalan huruf alfabet ini menampilkan data dalam audio dan visual dalam bentuk histogram dari grafik. Dengan menggunakan tampilan data dalam Audio visual dan gambar grafik, dapat membandingkan pengucapan yang benar dan anak usia dini. Perbandingan dapat dilakukan dengan dua cara. Perbandingan pertama adalah perbandingan audio visual, secara keseluruhan hasil yang diperoleh 73,8% benar dan 26,2% tidak benar. Perbandingan yang kedua dengan menggunakan metode Image Processing, hasil keseluruhan yang diperoleh, dengan menggunakan kesamaan itu 74,5% benar dan 25,5% tidak benar.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PUSPASARI, Betty Dewi. Aplikasi Pengenalan Huruf Alfabet Bagi Anak Usia Dini Menggunakan Metode Pengolahan Citra Berbasis Data Suara. JURNAL ELTEK, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 158-169, oct. 2017. ISSN 2355-0740. Available at: <https://distilat.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/13>. Date accessed: 05 aug. 2021.
Section
Articles