PENENTUAN JUMLAH PANAS DAN AIR PENDINGIN PADA CONDENSOR DI PLTU TANJUNG AWAR – AWAR

Nurindah Rahmadhani, Prayitno Prayitno

Abstract


Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Awar – Awar merupakan pembangkit listrik yang menghasilkan listrik sebesar 2x350 MW dengan menggunakan uap yang berasal dari boiler dan air laut sebagai umpannya. Uap yang dihasilkan digunakan sebagai penggerak turbin, dimana uap berasal dari air laut yang diolah menjadi air demin pada unit pengolahan air (water treatment unit) hingga memenuhi baku mutunya. Air demin dipompakan masuk kedalam boiler hingga menghasilkan uap untuk menggerakkan turbin. Uap sisa penggerakan turbin mengalami penurunan tekanan dan temperatur dan masuk kedalam kondensor untuk terjadi kondensasi berubah fase dari uap menjadi cair. Alat perpindahan panas (kondensor) yang digunakan PLTU memiliki tipe Shell and Tube Heat Exchanger. Pada kondensor dialirkan air pendingin yang berasal dari air laut melalui area CWP. Kondisi kondensor pada PLTU menunjukkan bahwa jumlah air pendingin yang masuk harus lebih besar dari steam apabila berkurang berdampak pada daya listrik yang dihasilkan dan menyebabkan unit trip. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jumlah panas yang diserap dan jumlah air pendingin yang digunakan pada kondensor di PLTU Tanjung Awar – Awar. Besarnya panas yang diserap dan air pendingin yang dibutuhkan kondensor ditentukan dengan metode perhitungan luas perpindahan panas dan berdasarkan data hasil pengukuran langsung dari besarnya suhu dan flowrate yang ada dibagian inlet dan outlet pada kondensor. Hasil perhitungan didapatkan panas maksimum yang diserap oleh kondensor sebesar 21.794.520 Kj/Jam, sedangkan air pendingin yang dibutuhkan sebanyak kebutuhan 869.124,754 Kg/Jam.


Keywords


air pendingin, kondensor, shell and tube heat exchanger

Full Text:

PDF

References


Pramono,A.W., Artiani, G.P., Laksono, A., 2015, Analisa Pengaruh Jumlah Pengoperasian CWP Terhadap Performa Kondensor PLTU Rembang, Jurnal Power Plant, 1–4.

Ihsan, S., 2017, Analisa Perhitungan Jumlah Tube Dan Diameter Shell Pada Kondensor Berpendingin Air Pada Sistem Refrigerasi NH3. Jurnal Teknologi Proses Dan Inovasi Industri, Vol. 2, No. 1, 1–5.

Ridhuan, K., Juniawan, I.G.A., 2014, Pengaruh Media Pendingin Air Pada Kondensor Terhadap Kemampuan Kerja Mesin Pendingin, Jurnal Teknik Mesin, Vol. 3 No. 2, 1-6.

Mufid, M., Hakim, A. R., Widiono, B., 2019, Pengaruh Pitch Turbulator Terhadap Ntu Pada Double Pipe Heat Exchanger, Jurnal Teknik Kimia Dan Lingkungan, Vol. 3, No. 1, 27-33.

Safira, A., Lini, Z., Rudiyanto, B., 2016, Penentuan Nilai Efektivitas Condenser Di PLTU Paiton Unit 5 PT. YTL Jawa Timur, Jurnal Ilmiah Rotary, Vol. 1, No. 1, 1–7.

Bono, S.A., Prasetyo, B., 2014, Analisis Perubahan Tekanan Vakum Kondensor Terhadap Kinerja Kondensor Di PLTU Tanjung Jati B Unit 1, Jurnal Teknik Energi, Vol. 10, No. 2, 65–71.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/distilat.v6i2.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2019 Department of Chemical Engineering, Politeknik Negeri Malang