PENGARUH DOSIS ANTI REDUKTAN SODIUM BISULFIT TERHADAP UMUR CATRIDGE FILTER PADA SEA WATER REVERSE OSMOSIS (SWRO) I DI PT PJB UBJ O&M PAITON

Verasari Rismawardani Maulida, Windi Zamrudy, Ali Mustofa

Abstract


Cartridge filter adalah alat pengaman untuk melindungi membran dan pompa tekanan tinggi dari partikel tersuspensi. Cartridge filter dengan ukuran pori absolut kurang dari 10 μm adalah pretreatment minimum yang disarankan untuk setiap sistem RO. Cartridge filter dilengkapi dengan pengukur tekanan untuk menunjukkan tekanan diferensial, dengan demikian menunjukkan tingkat pelanggarannya. Untuk menjaga waktu tinggal cartridge filter agar dapat bertahan lebih lama yaitu dengan cara menyesuaikan dosis anti reductant pada cartridge filter. Dalam teori yang dijelaskan 1.34 mg sodium metabisulfit dapat menghilangkan 1 mg chlorine bebas. Dalam praktisnya, 3 mg sodium metabisulfit biasanya digunakan untuk menghilangkan 1 mg chlorine. Sodium metabisulfit digunakan sebagai anti reduktan yang berfungsi untuk menghilangkan kandungan chlorine pada air proses sebelum masuk ke RO. Metode yang digunakan dalam menjaga umur cartridge filter agar dapat bertahan lebih lama yaitu dengan cara trial dosis injeksi anti reduktan dari 2 bag menjadi 1 bag atau dari 1.8 ppm menjadi 0.8 ppm. Dari hasil pengamatan yang dilakukan selama pengurangan dosis yaitu umur cartridge filter mengalami kenaikan menjadi kurang lebih 2 minggu, hal ini menunjukkan bahwa penurunan dosis anti reduktan terbukti dapat menjaga umur cartridge filter.

Keywords


anti reduktan, sodium bisulfit, catridge filter

Full Text:

PDF

References


Dow, “Water Solutions FILMTEC TM Reverse Osmosis Membranes Technical Manual Table of Contents.”

L. A. Yoshi, I. N. Widiasa, P. Studi, T. Kimia, dan J. P. Soedarto, “Sistem Desalinasi Membran Reverse Osmosis ( RO ) untuk Penyediaan AirBersih,” hal. 1–7, 2016.

R. Dwi dan I. N. Widiasa, “Fouling dan Cleaning Membran Reverse Osmosis Tekanan Rendah untuk Aplikasi Daur Ulang Air Limbah Domestik,” hal. 1–9, 2016.

Anonim, “High Flow Performance in a,” CUNO Incorporated, hal. 8, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/distilat.v6i2.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2019 Department of Chemical Engineering, Politeknik Negeri Malang