PENENTUAN DOSIS OPTIMUM KOAGULAN ALUMINIUM SULFAT UNIT DISSOLVED AIR FLOTATION WASTE WATER TREATMENT PLANT PT KAWASAN INDUSTRI INTILAND

Illa Fatma, Arief Budiono, Rio Baskoro

Abstract


Proses pengolahan limbah pada Instalasi pengolahan air limbah di Kawasan Industri Intiland salah satunya menggunakan sistem DAF (Dissolved Air Flotation) yang berfungsi untuk memisahkan partikel tersuspensi yang sulit untuk dipisahkan seperti minyak dan lemak dengan air limbah, dimana rangkaian proses pada unit ini terlebih dahulu harus melalui pretreatment koagulasi-flokulasi sehingga terbentuk gumpalan flok yang akan dipisahkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menentukan dosis optimum koagulan Aluminium Sulfat terhadap penurunan kandungan TSS dan COD pada limbah cair unit DAF PT Kawasan Industri Intiland. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis karakteristik awal kandungan limbah pada unit DAF dan selanjutnya dilakukan pengolahan menggunakan metode koagulasi-flokulasi menggunakan alat Jar Test dengan variasi dosis koagulan 110 ppm, 300 ppm, 550 ppm, 1100 ppm, dan 1650 ppm. Hasil pengolahan diuji menggunakan alat Colorimeter untuk mengetahui penurunan kandungan TSS dan COD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan kandungan TSS dan COD paling baik pada penggunaan koagulan Aluminium Sulfat pada dosis 550 ppm dari konsentrasi awal sebelum proses koagulasi-flokulasi sebesar 775 ppm menjadi 539 ppm dengan persentase penurunan sebesar 58,49% untuk parameter TSS dan konsentrasi awal 53 ppm menjadi 22 ppm dengan persentase penurunan sebesar 30,45% untuk parameter COD.


Keywords


aluminium sulfat, koagulan, koagulasi-flokulasi, limbah cair

Full Text:

PDF

References


A. R. Taufiqussyakir., "Rancang Bangun Dissolved Air Flotation Terhadap Penurunan Kadar Minyak dan Lemak", Tugas Akhir, Teknik Pengolahan Limbah, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Surabaya, 2019.

M. E. Jadid., Maudy., U.R.S. Arifin., B. Widiono., "Pengaruh Jumlah Kapur dan PAC Terhadap Penurunan Kadar Cu , Tss , Turbidity dan pH Pada Air", Teknologi Separasi, vol. 5, no. 2, hal. 69–75, 2019.

Nuurfath. F., Elystia. S., Edward HS., "Penentuan Dosis Terbaik Koagulan Aluminium Sulfat Dalam Mengolah Limbah Cair Laboratorium Dengan Proses Koagulasi dan Flokulasi", Jurnal JOM FTEKNIK, vol. 6, hal. 1–6, 2019.

Romadhon, M. R., "Efektivitas Jenis Koagulan Terhadap Penurunan Kadar Kromium Limbah Penyamakan Kulit", Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

S. A. Lestari, "Efektivitas Penggunaan Bahan Koagulan Dalam Proses Perencanaan Pengolahan Bangunan Air Minum", Jurusan Teknik Lingkungan, Universitas Trisakti, Jakarta, 2016.

U. R. S. Arifin, M. M. E. Jadid, dan B. Widiono, "Pengolahan Limbah Air Asam Tambang Emas dengan Proses Netralisasi Koagulasi Flokulasi", Teknologi Separasi, vol. 5, no. 2, hal. 112–120, 2019.

Azamia, M., ”Pengolahan Limbah Cair Laboratorium dengan Metode Presipitasi dan Adsorpsi untuk Penurunan Kadar Logam Berat", Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Kimia, Universitas Indonesia, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/distilat.v8i1.329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.