PEMANFAATAN LIMBAH ECENG GONDOK, JERAMI PADI DAN BATOK KELAPA SEBAGAI FILLER PHENOL FORMALDEHID RESIN PRODUKSI PT. PAMOLITE ADHESIVE INDUSTRI

Irsandra Diviandhira Salsabilla Wicaksana, Faradina Suhariyadi, Abdul Chalim, Any Sulistio

Abstract


Plywood merupakan salah satu produk yang diperoleh dengan menyusun bersilangan tegak lurus minimal tiga lembar kayu lapis (veneer). Salah satu produk dari PT Pamolite Adhesive Industri adalah Phenol Formaldehyde Adhesive yang digunakan untuk merekatkan lapisan veneer tipe WBP (Weather Boil Proof) yang dapat memberikan kekuatan tinggi dan sangat tahan terhadap kelembapan, mencegah delaminasi dan memberikan stabilitas suhu yang sangat baik. Untuk meningkatkan kualitas perekat phenol, maka perlu ditambahkan pengaplikasian bahan pengisi (filler) dari limbah eceng gondok, jerami padi dan batok kelapa. Dengan penambahan kadar yang bervariasi mulai dari 5% hingga 22% (w/w) masing-masing dari bobot perekat cair. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis dan komposisi tepung  eceng gondok, jerami padi dan batok kelapa pada phenol terhadap viskositas, bonding strength dan delaminasi. Metode awal yang dilakukan adalah penentuan kadar filler terbaik untuk menentukan kadar filler, kemudian dilakukan percobaan mulai dari pembuatan glue line hingga pengaplikasian pada plywood dilanjutkan dengan pengujian viskositas, bonding strength dan delaminasi. Hasil pengujian menunjukkan jenis filler berpengaruh nyata terhadap keteguhan rekat plywood. Semakin besar kadar filler yang digunakan maka terjadi kenaikan viskositas. Sementara itu untuk uji delaminasi dari semua sampel tidak terjadi delaminasi terbuka atau biasa disebut dengan passed. Dari ketiga jenis filler tersebut hasil yang didapatkan cukup baik, namun hasil terbaik dari keseluruhan yaitu pada tepung batok kelapa dengan kadar 19%.


Keywords


batok kelapa, eceng gondok, jerami padi, phenol formaldehyde adhesive, viskositas

Full Text:

PDF

References


A. Syafruddin Zohri, N. H. Sari, and S. Sujita, “Pemanfaatan Serbuk Tempurung Kelapa Pada Komposit Al2O3-Epoxy,” Din. Tek. Mesin, vol. 3, no. 2, hal. 101–105, 2013.

N. Suningsih, W. Ibrahim, O. Liandris, and R. Yulianti, “Kualitas Fisik dan Nutrisi Jerami Padi Fermentasi pada Berbagai Penambahan Starter,” J. Sain Peternak. Indones., vol. 14, no. 2, hal. 191–200, 2019.

M. T. Islam et al., “Effect of Coconut Shell Powder as Filler on the Mechanical Properties of Coir-polyester Composites,” Chem. Mater. Eng., vol. 5, no. 4, hal. 75–82, 2017.

W. Nurramadhan, I. Ahmad, and N. Nasution, “Eceng Gondok Sebagai Bahan Baku Papan Partikel,” Menara J. Tek. Sipil, vol. 7, no. 1, hal. 9, 2012.

W. W. Raharjo and D. Ariawan, “Pengaruh Pemakaian Serbuk Jerami IR 64 Sebagai Filler Komposit UPRs Terhadap Kekuatan Tarik Ditinjau Dari Variasi Fraksi Berat,” Mekanika, vol. 7, no. 1, hal. 8–13, 2008.

S. G. Rahayu dan P. H. Suharti, "Pengaruh Suhu Daun Kelor (Moringe Oleifera) Terhadap Yield Dalam Pembuatan Hand Sanitizer Gel", Teknologi Separasi, vol . 7, no. 2, hal. 642-648, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/distilat.v8i1.321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.