EVALUASI NERACA MASSA KINERJA KOLOM FRAKSINASI C-1 PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MINYAK DAN GAS BUMI CEPU

Moch. Abdul Hakim, Anang Takwanto, Rieza Mahendra Kusuma

Abstract


Kilang PPSDM Migas mengolah minyak mentah menjadi beberapa produk seperti pertasol CA, pertasol CB, pertasol CC, solar dan residu. Salah satu unit yang penting pada proses pengolahan minyak mentah pada PPSDM Migas adalah crude distillation unit proses pemisahan minyak mentah yang dilakukan oleh PPSDM menggunakan destilasi fraksinasi yang berarti memisahkan komponen-komponen (fraksi) minyak bumi berdasarkan titik didih atau sebagi pemurnian minyak bumi. Tujuan dari perhitungan neraca massa untuk menentukan efisiensi pada proses kolom destilasi menggunakan bantuan steam dan tanpa menggunakan bantuan steam untuk menentukan mana yang lebih efisien. Metode perhitungan yang digunakan adalah neraca massa pada proses destilasi fraksinasi C-1 PPSDM Migas Cepu, menentukan efisiensi pada proses destilasi fraksinasi C-1 menggunakan bantuan steam dan tanpa bantuan steam. Pengumpulan data didapatkan dari proses dilapangan dan control room. Berdasarkan hasil perhitungan pada kolom destilasi fraksinasi C-1 jika menggunakan bantuan steam maka dapat diperoleh efisiensi sebesar 68% sedangkan pada proses destilasi fraksinasi C-1 tenpa menggunakan bantuan steam dapat diperoleh efisiensi sebesar 62%. Dari data dan perhitungan menunjukkan bahwa proses operasi pada kolom destilasi fraksinasi C-1 lebih efisien menggunakan bantuan steam untuk meningkatkan efisiensinya.


Keywords


destilasi fraksinasi, minyak bumi, neraca massa

Full Text:

PDF

References


Jurdilla, P., Nur, A., Erwan, Y., and Fitria, A., 2019, Industri Pengolahan Minyak Bumi Di Indonesia.

Anggrianto, A., Pratika, A., and Harjono., 2020, Evaluasi Kolom Debutanizer (Flrs T-102) Di Unit Rfccu Pt Pertamina (Persero) Refinery Unit III Plaju - Palembang, Distilat: Jurnal Teknologi Separasi, Vol. 6, No. 1, 8-12.

Maryanty, Y., Hadiantoro, H., Takwanto, A., Kamilia., and Ardhanariswari L., 2020, Waste Mud in Oil and Gas CEPU PPSDM Using Bioremediation’, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Vol. 3, ISSN. 2580-6572.

Zahidin, A. and Rubianto, L. 2020, Perhitungan Neraca Massa, Neraca Panas Dan Efisiensi Pada Rotary Kiln Unit Kerja Rkc 3 Pt Semen Indonesia (PERSERO) Tbk., Distilat: Jurnal Teknologi Separasi, Vol. 6, No. 2, 309-315.

Astuti, S. A., and Valentin D. A., 2018, Menghitung Neraca Massa dan Energi pada Kolom Fraksinasi (C-1 dan C-2) di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi, Laporan Praktik Kerja Lapangan Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/distilat.v7i2.238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.