SELEKSI PROSES DAN PENENTUAN KAPASITAS PRODUKSI INDUSTRI SABUN CAIR BERBAHAN BAKU VIRGIN COCONUT OIL (VCO)

Septian Dicky Ardiansyah, Ade Sonya Suryandari

Abstract


Indonesia merupakan produsen kelapa utama di dunia setelah Philipina. Salah satu produk olahan kelapa adalah Virgin Coconut Oil. Sabun dapat dihasilkan dari Virgin Coconut Oil karena mengandung asam lemak. Sabun mandi merupakan kebutuhan pokok yang universal. Karena hampir semua manusia diseluruh dunia memakai sabun untuk keperluan hidupnya, diantaranya adalah untuk membersihkan diri. Sabun memiliki banyak bentuk, salah satunya adalah sabun cair. Sabun dapat dibentuk dengan menggunakan beberapa metode sehingga perlu dilakukan seleksi proses. Proses yang digunakan pada industri ini adalah proses saponifikasi trigliserida karena bahan baku yang tidak banyak macamnya, suhu operasi dan tekanan yang relatif rendah sehingga lebih hemat dalam pemakaian energi, tidak ada penggunaan katalis, dan desain peralatan juga tidak rumit karena prosesnya yang sederhana. Pada industri sabun mandi cair harus dilakukan penentuan kapasitas agar kapasitas produksi industri sesuai dengan kebutuhan konsumsi masyarakat dan tidak mengalami kerugian. Penentuan kapasitas produksi dapat dilakukan dengan menggunakan metode linier. Dengan mempertimbangkan faktor bahan baku dan perubahan pola hidup masyarakat akan kesehatan maka industri ini ditentukan berkapasitas 750 ton/tahun.


Keywords


virgin coconut oil, sabun mandi cair, seleksi proses, kapasitas produksi

Full Text:

PDF

References


Sutarmi, dan Rozaline, H., 2005, Taklukan Penyakit Dengan VCO (Virgin Coconut Oil), Edisi 1, Penebar Swadaya, Depok.

Shrivastava, S. B., 1982, Soap, Detergent and Perfume Industry, First Edition, Small Industry Research Institute, New Delhi.

Gayatri, B. R. R., dan Chumaidi, A., 2020, Seleksi Proses dalam Pembuatan Biodiesel dari Minyak Biji Randu dengan Katalis CaO, Jurnal Teknologi Separasi Politeknik Negeri Malang, Vol. 6, No. 2, Agustus 2020, 238-240.

Spitz, L., 2009, Soap Manufacturing Technology, 2nd edition, Illinois: AOCS Press Retrieved, Highland Park.

Krik, I., Eller, R., Othmer, and Frederick, D., 1992, Encyclopedia Of Chemical Technology, Jhon Wiley and Sons, Inc., New York.

Riegel, E. R., 1949, Industrial Chemistry, Reinhold Publishing Corporation, New york.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/distilat.v7i2.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.