PENGARUH KOMPOSISI AMONIUM CHLORIDE NUMBER (ACN) DAN SUHU TERHADAP KUALITAS BAJA HASIL PROSES FLUXING DI PT BONDI SYAD MULIA GRESIK

Rohmawati Nur Pamujiningtyas, Hardjono Hardjono

Abstract


Pada industri korosi menjadi salah satu masalah yang disebabkan reaksi elektrokimia antara logam dengan lingkungannya. Logam yang paling banyak digunakan adalah baja (Fe). Salah satu cara mengatasi korosi menggunakan metode Hot Dip Galvanizing (HDG). Sebelum dilakukan proses HDG perlu dilakukan pretreatment, salah satunya proses fluxing. Fluxing merupakan proses pelapisan awal agar baja lebih tahan lama terhadap korosi dengan mencelupkan baja ke dalam larutan ZnCl2  dan NH4Cl. Proses fluxing PT Bondi Syad Mulia belum optimal, sehingga baja hasil fluxing lebih cepat terkorosi. Faktor yang mempengaruhi kualitas fluxing adalah komposisi larutan, suhu, dan waktu fluxing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ACN (Ammonium Chloride Number) dan suhu pencelupan terhadap proses fluxing. Variabel yang digunakan terdiri dari variabel berubah dan tetap, variabel berubah yaitu komposisi ACN 1,5; 1,75; 2,00; 2,25; 2,50 dan suhu pada proses fluxing 50; 55; 60; 65; 70°C. Variabel tetap yaitu waktu pencelupan 10 menit. Kualitas baja hasil proses fluxing dianalisis dengan aplikasi colorimeter meliputi karakteristik spesimen baja berupa warna merah dan waktu tahan baja hingga oksidasi. Hasil dari penelitian ini variabel yang memiliki hasil optimal adalah komposisi ACN 2,00 dengan suhu 60°C dan waktu pencelupan selama 10 menit baja mampu bertahan dari korosi selama 60 menit.


Keywords


Korosi, Hot Dip Galvanizing, Fluxing, Baja

Full Text:

PDF

References


Trethewey, K.R., and Chamberlein, J., (1991) Korosi, untuk Mahasiswa Sains dan

Rekayasa, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Achmad, Hiskia. 2001. Kimia Unsur dan Radiokimia. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Fikrul Akbar A. , Putu Hadi S. , Femiana Gapsari MF. 2012. Pengaruh Kekasaran

Permukaan Terhadap Ketebalan Lapisan Hasil Hot Dipped Galvanizing (HDG). Jurusan Rekayasa Mesin Vol.3, No. 2 : 327-336 Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Sunil Kahar, Hemant Panchal, Rohan Patel . (2014). Effect Of Conventional And

Non-Conventional (Ecofriendly) Fluxes On Hot Dip Galvanizing - A Review Vadodara : University of Baroda.

Agustami, B. 2013. Pengaruh Variasi Komposisi Fluxing dan Waktu Celup Terhadap Nilai Laju Korosi, Tebal lapisan, dan Struktur Mikro Hot Dip Galvanized (HDG) Baja Karbon Rendah SSPC-SD. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/distilat.v7i2.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.