SELEKSI PROSES DAN PENENTUAN KAPASITAS PRODUKSI INDUSTRI SABUN CAIR BERBAHAN BAKU CRUDE PALM OIL (CPO)

Etom Baharudin Ardhi Wijaya, Ade Sonya Suryandari

Abstract


Penggunaan bahan pembersih oleh masyarakat termasuk sabun cair di era pandemi semakin lama semakin meningkat guna senantiasa menjaga kebersihan diri. Pada penelitian ini digunakan crude palm oil dan kalium hidroksida sebagai bahan dasar pembuatan sabun cair. Penentuan kapasitas produksi dan seleksi proses perlu dilakukan dalam perencanaan pembangunan pabrik guna menentukan kelayakan berdirinya suatu pabrik. Tujuan dari penelitian ini untuk menyeleksi beberapa metode proses dalam pembuatan sabun cair untuk mengetahui metode proses yang lebih baik dan menentukan kapasitas produksi pabrik yang akan berdiri pada tahun 2023 di Cilegon dengan metode linear. Dalam merencanakan proses pembuatan sabun perlu mempertimbangkan berbagai metode proses produksi sehingga didapat yang paling efisien untuk menghasilkan produk dengan optimal. Selanjutnya dilakukan perhitungan kapasitas produksi menggunakan metode linear yang dilakukan dengan cara menghitung kenaikan rata rata kebutuhan produk pada setiap tahun menggunakan data yang tersedia dari tahun 2014-2017 untuk mendapat hasil perkiraan pada tahun 2023. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode proses produksi yang paling optimal adalah dengan metode saponifikasi trigliserida dan dengan kapasitas produksi pabrik pada tahun 2023 sebesar 1000 ton/tahun. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa pabrik yang akan didirikan layak.


Keywords


Sabun Cair, Proses Produksi, Kapasitas Produksi

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional, 1994, Standar Mutu Sabun Mandi, SNI 06-3532-1994,

Dewan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Departemen Perindustrian, 2007, Gambaran Sekilas Minyak Kelapa Sawit, Jakarta

Selatan.

Izhar, H., Sumiati, dan Moeljadi P., 2009, Analisis Sikap Konsumen terhadap Atribut Sabun Mandi, Universitas Brawijaya, Malang.

Gayatri, B.R.R., dan Chumaidi, A., 2020, Seleksi Proses Dalam Pembuatan Biodiesel Dari Minyak Biji Randu Dengan Katalis CaO, Distilat Jurnal Teknologi Separasi, Vol. 6, No. 2, Agustus 2020, 238.

Badan Pusat Statistik, Statistik Industri Manufaktur Produksi, 2014, Jakarta

Badan Pusat Statistik, Statistik Industri Manufaktur Produksi, 2015, Jakarta

Badan Pusat Statistik, Statistik Industri Manufaktur Produksi, 2017, Jakarta

https://bps.go.id/exim/. Diakses pada 7 Oktober 2020

Telaumbanua, Yupiter Daniel., 2005, Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Sabun Mandi Cair, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Kusumawardhani, Evelyta., 2016, Prarancangan Pabrik Sabun Mandi Dari Crude Palm Oil (Cpo) Dan Naoh Dengan Proses Saponifikasi Kapasitas 10.000 Ton / Tahun, Universitas Setia Budi Surakarta, Surakarta.

Spitz 1995 dalam Kusumawardhani, Evelyta., 2016, Prarancangan Pabrik Sabun Mandi Dari Crude Palm Oil (Cpo) Dan Naoh Dengan Proses Saponifikasi Kapasitas 10.000 Ton / Tahun, Universitas Setia Budi Surakarta, Surakarta.

Othmer 1967 dalam Kusumawardhani, Evelyta., 2016, Prarancangan Pabrik Sabun Mandi Dari Crude Palm Oil (Cpo) Dan Naoh Dengan Proses Saponifikasi Kapasitas 10.000 Ton / Tahun, Universitas Setia Budi Surakarta, Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/distilat.v7i2.201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.