STUDI PENGARUH PRESSURE DROP TERHADAP EFISIENSI HEAT RECOVERY STEAM GENERATOR#1.2 BERBASIS SIMULASI CHEMCAD

Inayatul Maula, Asalil Mustain, Ade Sonya Suryandari, Akhmad Hariadi

Abstract


PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap) adalah instalasi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga gas dan uap untuk menghasilkan listrik. Bahan bakar yang digunakan pada PLTG berupa gas alam yang dibakar pada ruang bakar dengan udara dari atmosfer yang telah dikompres. Hasil dari pembakaran gas alam menghasilkan gas yang memiliki tekanan dan temperatur tinggi yang akan memutar turbin gas. Gas buang dari Gas Turbine (GT) masih memiliki tekanan dan temperature yang tinggi sehingga dimanfaatkan kembali sebagai media pemanas dari Heat Recovery Steam Generator (HRSG). Fungsi HRSG adalah untuk memanaskan air menjadi steam yang memiliki tekanan dan temperatur tinggi. Steam hasil dari HRSG akan memutar sudu-sudu turbin yang nantinya akan menghasilkan listrik. Adanya peranan penting HRSG, maka perlu dilakukan perhitungan efisiensi panas HRSG blok 1.2. Tujuan penelitian adalah mempelajari pengaruh variasi pressure drop terhadap efisiensi HRSG. Jumlah energi yang dibutuhkan untuk mengubah air menjadi uap dan juga energi yang disuplai dari gas buang turbin dapat diketahui dengan simulasi software ChemCAD. Jumlah energi yang hilang juga dapat diketahui dengan simulasi software ChemCAD 7.1.2. Hasil simulasi software ChemCAD dengan melakukan case study yang memvariasikan pressure drop pada alat LNG Exchanger didapatkan efisiensi panas HRSG 1.2 sebesar 51,296% dan heat losses sebesar 176852833,33 kJ/jam.

Keywords


Efisiensi panas, Heat Recovery Steam Generator (HRSG), simulasi ChemCAD

Full Text:

PDF

References


Suryandari, A. S., Mustain, A., Pratama, D. W., Maula, I., 2019, Studi Aktivitas Reaksi Fotokatalisis Berbasis Katalis TiO2-Karbon Aktif Terhadap Muru Air Limbah Power Plant, Jurnal Teknik Kimia dan Lingkungan, Vol. 3, No. 2, Hal 95-101.

Hariadi, A., 2014, Proses HRSG, Laporan Kerja tidak diterbitkan, PT. Indonesia Power UBP Perak-Grati.

CHEMCAD, CHEMCAD Process Simulation for Equipment Manufacturers, http://www.norpar.com/brochures/chemcad/chemcad_equipment.pdf

Dibyo, S., 2012, Aplikasi Program CHEMCAD.6.1.4 Untuk Desain Pembangkit Uap PWR, Lokakarya Komputasi dalam Sains dan Teknologi Nuklir, Hal 101-111.

Fairy, P., Widiono, B., Ma’arif, M. F., 2020, Evaluasi Waste Heat Boiler Pada Unit Sulfuric Acid IIIA PT. Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Jurnal Distilat, Vol. 6, No. 1, Hal 21-29.

Nizam, M. Y., Suryandari, A. S., 2020, Analisis Ekonomi Boiler Water Tube Pada Pabrik Triasetin dari Asam Asetat dan Gliserol, Jurnal Distilat, Vol. 6, No. 2, Hal 198-206.

Pratiwi, I.W., Cahyani, M.K., 2018, Perhitungan Effisiensi Panas HRSG#1 PT. Indonesia Power Unit Pembangkit Perak-Grati, Laporan Praktik Kerja Lapangan, Politeknik Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/distilat.v7i1.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.