STUDI PENGARUH RASIO MOLAR FEED GLISEROL TERHADAP ASAM ASETAT TERHADAP PRODUK TRIASETIN BERBASIS SIMULASI CHEMCAD

Intan Prasetya Mudi, Ade Sonya Suryandari

Abstract


Penambahan triasetin kedalam campuran biodisel dapat meningkatkan perfoma mesin pada semua aspek. Pembuatan trisetin diproses dengan proses esterifikasi dengan reaksi gliserol dan asam setat dengan dibantu katalis. Hal tersebut perlu adanya proses pemisahan pada proses. Adanya proses distilasi yang dimana memisahkan komponen-komponen penyusun dari suatu campuran berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan produk yang baik. Selain itu rasio molar pada feed gliserol terhadap asam asetat juga akan memepengaruhi produk triasetin. Seperti tujuan yang dinginkan untuk mengetahui hasil optimum dari proses pembuatan triasetin sebelum dibuat dalam skala besar dengan mengatahui pengaruh dari rasio molar feed gliserol terhadap asam asetat. Sehingga perlu adanya proses simulasi dengan menggunakan  software CHEMCAD untuk menentukan kondisi operasi yang baik dengan hasil produk yang baik. Sebelum mensimulasi dengan menggunakan software CHEMCAD perlu adanya perhitungan molar feed dengan menggunakan perbandingan gliserol terhadap asam asetat. Dari hasil dapat disimulasi, sehingga memperoleh data yang menyatakan wahwa kondisi optimum dihasilkan pada perbandingan molar feed gliserol terhadap asam asetat 1:7 dengan hasil jumlah 6,40 kg/jam dan nilai koversi sebesar 98,35%. Yang dimana semakin tinggi asam asetat semakin tinggi konsentrasi triasetin.


Keywords


Triasetin, Rasio Molar, CHEMCAD, Asam asetat, Gliserol

Full Text:

PDF

References


Silaban Dedi M, Zuchra Helwani, Silvia Reni Yenti, 2015, Esterifikasi Gliserol Sebagai Produk Samping Biodiesel Menjadi Triasetin dengan Menggunakan Katalis Zeolit Alam pada Variasi shuhu Reaksi dan Konsentrasi Katalis, Pekan baru.

Sari Nirmala, Zuchra Helwani, Hari Rionaldo, 2015, Esterifikasi Gliserol Dari Produk Samping Biodisel Menjadi Triasetin Menggunakan Katalis Zeolit Alam, Pekan baru.

Ernawati Dwi.Y, Zuchra Helwani, Silvia Reni Yenti, 2015, Penggunaan Zeolit Alam Teraktivasi Sebagai Katalis Pada Proses Esterifikasi Gliserol Dari Produk Samping Biodiesel Menjadi Triasetin, Riu.

Lestari, D.Y., 2010, Kajian Modifikasi dan Karekterisasi Zeolit Alam dari Berbagai Negara,

Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, Yogyakarta

Wibowo, Agung Ari., Lusiani, Cucuk Evi., Ginting, Rizqy R., dan Hartanto, Doni., Simulasi CHEMCAD: Studi Kasus Distilasi Ekstraktif pada Campuran Terner n-Propil Asetat / n Propanol / Air, Jurnal Teknik Kimia dan Lingkungan, Vol. 2, No.2, 75-83.

Widayat, Hantoro, S., Abdullah., dan Ika, W.K.H, 2013, Proses Produksi Triasetat dari Gliserol dengan Katalis Asam Sulfat, Jurnal Teknik Kimia Indonesia, Bandung

McKetta, J. J, and Cunningham, W. A., 1997. Encyclopedia of Chemical Processing and Design vol 2. Marcel Dekker, Inc, New York.

K. H. Ika Windrianto, Hantoro Satriadi, 2012. Produksi Triasetin Dengan Proses Esterifikasi Gliserol dan Asam Asetat Menggunakan Katalis Asam Sulfat. Tembalang, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/distilat.v6i2.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2019 Department of Chemical Engineering, Politeknik Negeri Malang