STUDI KASUS: PENGARUH SUHU TERHADAP FRAKSI MASSA TOP PRODUCT PADA PEMISAHAN PROPIL ASETAT MENGGUNAKAN KOLOM DISTILASI

Riswandha Iman Rizaldi, Christyfani Sindhuwati

Abstract


Jumlah suplier dalam negeri yang tidak banyak mengakibatkan permintaan pasar yang tinggi terhadap propil asetat. Propil asetat sering digunakan sebagai bahan baku dan bahan penunjang pada industri percetakan, tekstil dan cat. Propil asetat terbentuk karena proses esterifikasi dan dibutuhkan kolom distilasi untuk mendapatkan produk yang bebas pengotor. Tujuan dari penelitian kali ini yaitu untuk mengetahui pengaruh suhu umpan terhadap fraksi massa produk atas kolom distilasi pada pemisahan propil asetat dari pengotornya. Simulasi ini dilakukan dengan menggunakan ChemCAD dengan model termodinamika NRTL. Hasil dari simulasi yang telah dilakukan menunjukan bahwa untuk mendapatkan produk murni propil asetat tidak cukup jika hanya menggunakan 1 kolom distilasi, dibutuhkan tahapan pemisahan lagi antara propil asetat dan asam asetat. Dapat diketahui semakin tinggi suhu yang diberikan maka total produk yang dihasilkan semkain banyak, tetapi fraksi propil asetat yang didapatkan akan semakin rendah. Dari simulasi yang telah dilakukan, fraksi propil asetat tertinggi sebesar 0,698829 dengan total massa yang didapatkan sebesar 1064.13 kg/jam dalam suhu 65°C dan tekanan 1 atm.


Keywords


propil asetat, pemisahan, fraksi massa, simulasi, chemCAD

Full Text:

PDF

References


Haynes, W.M. (ed.) CRC Handbook of Chemistry and Physics. 91st ed. Boca Raton, FL: CRC Press Inc., 2010-2011, p. 3-442.

Wibowo, A. A., Lusiani, C. E.., Ginting, R. R., dan Hartanto, D. 2018. Simulasi CHEMCAD: Studi Kasus Distilasi Ekstraktif pada Campuran Terner n-Propil Asetat/n-Propanol/Air. Jurnal Teknik Kimia dan Lingkungan.

Putra, D.A.T., 2014 Rancang Bangun Alat Distilasi Oli Bekas (Perawatan Dan Perbaikan), Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Setywardhani, DA., Distantina, S., Budiyanto, R., Swarte, W., 2013, Penggeseran Reaksi Kesetimbangan Hidrolisis Minyak dengan Pengambilan Gliserol untuk Memperoleh Asam Lemak Jenuh dari Minyak Biji Karet, EKUILIBRIUM, Vol. 12 No. 2, Juli, Hal 63 – 67.

Fakhry, M.N., Rahayu, S.S., 2016, Pengaruh Suhu pada Esterifikasi Amil Alkohol dengan Asam Asetat Menggunakan Asam Sulfat sebagai Katalisator, Jurnal Rekayasa Proses, Vol. 10, No. 2, Hal 64 – 69.

Sukardjo, 1997, Kimia Fisika, Rineka Cipta, Jakarta.

Rena, H.X., Yinga, Han-Jie., Ouyanga, Ping-Kai., Xuc, Ping., Liu, L.J., 2013, Catalyzed Synthesis of Poly (L-Lactic Acid) by Macroporous Resin Amberlyst15 Composite Lactate Utilizing Melting Plycondensation, Journal of Molecular Catalyst A, - Vol. 37, Hal. 22-29

Adana, S.I., Pujiastuti, Y.A., Pengaruh Suhu dan Waktu Operasi pada Proses Destilasi untuk Pengolahan Aquades di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Jurnal Chemurgy, Vol. 01, No. 1, Juni, Hal 31 – 35.




DOI: http://dx.doi.org/10.33795/distilat.v6i2.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © 2019 Department of Chemical Engineering, Politeknik Negeri Malang